Beranda » blog » Apa Itu Home Care Visit ?

Apa Itu Home Care Visit ?

T Diposting oleh pada 12 Juni 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 252 kali

Pengertian Home Care Visit

home care visit

Layanan homecare visit tidak jauh berbeda dengan layanan homecare pada umumnya, namun yang membedakannya adalah spesifikasi tindakan dan rentang waktu yang lebih singkat. Jika layanan home care pada umumnya mengharusnya perawat bertugas selama 24 jam menemani pasien, namun pada layanan visit, perawat atau paramedis lainnya hanya memberikan keperawatan dalam sekali atau beberapa kali kunjungan saja, tentunya dalam waktu tertentu yang telah disepakati bersama.

Pasien ataupun keluarga yang ingin menggunakan layanan ini biasanya hanya membutuhkan tindakan atau jasa dari paramedis dalam beberapa waktu saja dan bisa selesai dalam beberapa jam. Biasanya pasien atau keluarga yang menggunakan layanan ini tidak memiliki rekanan yang berlatar belakang kesehatan atau mungkin juga menginginkan efesiensi sehingga pasien tetap merasakan kenyamanan meski berada dirumah nya sendiri.

Layanan visit atau kunjungan ini telah dilakukan oleh seluruh paramedis di Indonesia sejak lama, salah satu faktor penyebabnya adalah karena kemanusian dan sumpah keprofesian sebagai tenaga kesehatan. Sebagai tenaga kesehatan, mereka dituntut untuk memberikan support atau pelayanan kepada pasien dimanapun posisi mereka berada baik diperkampungan yang jauh dari fasilitas ataupun mereka yang tinggal diperkotaan yang keluarganya sibuk dengan rutinitasnya sehingga pasien kurang mendapatkan perhatian atau support yang dibutuhkan.

Baca Juga : Apa Itu Layanan Home Care Travel ?

 

Perlu anda ketahui ada beberapa paramedis yang bisa memberikan layanan homecare visit, berikut adalah penjelasan profesi dan tanggung jawabnya :

 

 Dokter

Memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat kritikal, karena dokter harus memberikan analisa dan diagnosa kesehatan kepada pasien. Apa yang akan dilakukan oleh seorang dokter sangat mempengarungi kondisi pasien pada saat itu, jika analisa yang diberikan benar maka memungkinkan kondisi pasien bisa lebih cepat membaik, begitupun sebaliknya. Dokter akan memberikan resep, atau pengarahan kepada paramedis lainnya seperti perawat, bidan, atau terapis agar menjalankan apa yang telah di instruksikannya.

 

Perawat

Tidak hanya dokter yang memiliki peran yang penting, peran dari seorang perawat dalam layanan ini juga terbilang cukup penting. Perawat bertugas memberikn beberapa tugas keperawatan yang biasa dilakukan oleh mereka, seperti pemasangan infuse, dan berbagai alat kesehatan lainnya.

 

Bidan

Berprofesi sebegai bidan mengharuskan untuk selalu bersiap siaga kapanpun dan dimanapun, maka dari itu bidan sudah terbiasa memberikan layanan seperti ini, karena jika memang ada pasien yang sedang membutuhkan perbantuan proses persalinan bidan harus siap bertugas. Tidak hanya itu bidanpun memiliki peran dalam memberikan edukasi dalam program Keluarga Berencana ( KB ).

 

Terapis

Paramedis selanjutnya yang memberikan layanan ini adalah terapis. Terapis biasanya bertugas memberikan fisiorterapi kepada pasien dirumah. Dilakukan dalam waktu tertentu biasanya berdurasi satu sampai dengann tiga jam, tergantung dai kebutuhan pasien itu sendiri. Ada banyak jenis terapi yang bisa diberikan kepada pasien diantaranya adalah, terapi pergerakan otot atau sendi, terapi wicara dan lain – lain.

 

Analis Kesehatan

Tugas dari analis adalah mengambil sample darah untuk diteliti dilaboratorium. Pasien yang tidak memungkinkan untuk dibawa ke rumah sakit, membuat analis harus bertugas memberikan layanan visit kepada pasien yang sedang membutuhkan. Nantinya sample darah yang sudah dianalisa akan membantu dokter dalam memberikan diagnosa kepada pasien.

 

Apoteker

Belum banyak yang tahu dan menggunakan layanan visit dari apoteker, namun tugas pokok apoteker dalam memberikan layanan ini adalah memastikan jenis obat dan dosisi yang akan dikonsumsi oleh pasien sudah benar sesuai dengan arahan dokter.

 

Layanan home care visit tidak dianjurkan untuk pasien yang sedang membutuhkan tindakan kegawatdaruratan. Jika memang pasien sedang dalam kondisi kritis dan darurat sebaiknya tetap dibawa ke rumah sakit terdekat karena untuk peralatan pendukung yang lebih lengkap rumah sakit adalah tempat yang paling tepat.

Komentar dinonaktifkan: Apa Itu Home Care Visit ?

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Apa Itu Home Care Visit ?

Peran Dari Seorang Perawat Infal Pada Saat Lebaran

Sebarapa Penting Peran Dari Seorang Perawat Infal Pada Saat Lebaran

T 27 Mei 2019 F A lufidzakir

Sebarapa Penting Peran Dari Seorang Perawat Infal Pada Saat Lebaran Saat sebagian besar masyarakat di Indonesia beragama islam merayakan lebaran bersama keluarga besarnya, dan di saat lebaran ada yang menarik tentang suatu pelayanan jasa perawat ke rumah. Layanan ini terus... Selengkapnya

Apakah Pasien Di Rumah Membutuhkan Perawatan Home Care? Anda Perlu Tahu Ini

T 20 September 2019 F A lufidzakir

Apakah Pasien Di Rumah Membutuhkan Perawatan Home Care? Anda Perlu Tahu Ini Ada banyak hal yang bisa jadi alasan mengapa seseorang harus dirawat di rumah ketimbang di rumah sakit. Namun, dalam menjalaninya tentu terdapat beberapa SOP yang harus diikuti. Maka... Selengkapnya

perawatan luka diabetes

Tips Perawatan Luka Diabetes Di Rumah

T 16 Agustus 2019 F A lufidzakir

Tips Perawatan Pasien Luka Diabetes Memiliki rasa khawatir yang besar mungkin suatu hal yang wajar untuk anda alami saat ini, dimana ketika anda mengalaminya anda diharuskan untuk sedikit bersikap tenang, apalagi jika luka yang anda alami sebagai penderita diabetes basah... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai layanan kami.