Beranda » blog » Bisakah Perawat Home Care Diandalkan Sendirian ?

Bisakah Perawat Home Care Diandalkan Sendirian ?

T Diposting oleh pada 5 Juni 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 75 kali

Bisakah Perawat Home Care Diandalkan Sendirian di rumah

Kami beranggapan bahwa disaat moment liburan hari raya lebaran atau hari raya natal seluruh anggota keluarga ingin pergi berlibur dan meninggal pasien sendiri bersama perawat pribadinya. Namun yang sering terfikirkan oleh keluarga adalah apakah perawat home care tersebut bisa diandalkan tanpa adanya pengawasan dan pendampingan dari seorang keluarga ?.

Pada dasarnya perawat adalah seorang yang berprofesi untuk mengabdikan diri memberikan asuhan keperawatan kepada seluruh jenis pasien apapun yang ingin dirawat dan dimanapun lokasi pasien itu berada asalkan perawat tersebut mendapatkan hal keprofesiannya. Melihat dari segi dasar keprofesian sebagai seorang perawat, maka sudah jelas bahwa perawat bisa bekerja secara profesional dan bekerja secara mandiri.

Kriteria Pasien Seperti Apa Yang Bisa Ditinggalkan Sendirian Bersama Pasien ?

Mohon maaf meskipun anda sudah memberikan hak atau gaji secara full kepada perawat anda, namun jangan pernah berfikir bahwa perawat bisa bekerja sendiri dengan bagaimanapun kondisi pasien. Sebagai provider penyedia layanan perawat kami akan mencoba meluruskan tentang persepsi seperti ini. Ada beberapa jenis perawatan yang bisa dilakukan oleh seoarang perawat meskipun hanya sendiri. Berikut kriteria pasien yang bisa di handle oleh seorang perawat .

Bisakah Perawat Home Care Diandalkan Sendirian

Pasien dengan Mobilitas Ringan

Kriteria pasien seperti ini adalah pasien yang memang memiliki aktivitas keseharian yang mana setangah aktivitasnya masih bisa dilakukan sendiri oleh pasien. Contohnya adalah lansia dengan stroke ringan atau diabetes awal. Kedua pasien ini bisa dihandle sendiri oleh seorang perawat karena memang mobiltas pasien tidak terlalu banyak dan perawat masih bisa melakukan tugasnya yang lain seperti menyiapkan makan untuk pasien, membersihkan ruangan pasien dan lain sebagainya.

Baca Juga : Tugas Perawat Homecare

 

Pasien Non Intensif Care

Sebagai keluarga mungkin anda sudah menilai mana pasien yang membutuhkan perawatan intensif dan mana pasien yang tidak perlu memerlukan perawatan intensif. Kriteria pasien yang non intensif adalah seperti lansia dengan dimensia awal, pasien non stroke dan beberapa jenis diagnosa pasien yang sekiranya bisa dihanlde oleh seorang perawat saja.

 

Menurut kami informasi seperti ini perlu kami sampaikan kepada anda sebelum anda menggunakan layanan home care ataupun bagi anda yang sudah menggunakan layanan ini, sebagai bentuk pertimbangan jika anda dan keluarga ingin pergi berlibur dan harus meninggalkan pasien sendiri bersama perawat dirumah dengan jangka waktu yang cukup lama.

Jangan pernah meninggal pasien sendir dirumah jika memang pasien masih membutuhkan perawatan intensif dirumah. Mungkin jika pasien masih dirawat dirumah sakit dan dibantu oleh perawat rumah sakit proses perawatan bisa berjalan dengan baik karena dari segi peralatan medis masih terpenuhi. Namun jika proses perawatan pasien intensif dilakukan dirumah, kami tidak menyarankan untuk meninggalkan perawat home care sendiri bersama pasien. Hal ini kami lakukan karena berdasarkan pengalaman perawat kami dalam memberikan perawatan home care pasti peran keluarga sangat dibutuhkan di waktu – waktu tertentu perawat akan meminta keputusan dari keluarga.

Selain meminta keputusan dari anda, perawatpun tidak bisa menghandle pasien sendiri jika kriteria pasien tersebut super aktif dan pasien intensif. Yang kami maksuda pasien super aktif adalah pasien yang berkegiatan lebih dari 20 jam perhari, sehingga perawat dan pasien tidak memiliki jam istirahat yang baik untuk tubuhnya sendiri.

Selanjutnya adalah pasien intensif, pasien ini sudah dipastikan membutuhkan perawatan intensif dan bisa saja harus dilakukan selama full 24 jam. Contohnya dalah pasien yang sudah terpasang alat – alat kesehatan seperti tracheastomi, ventilator dan lain sebagainya. Sebaiknya ada salah satu anggota keluarga atau orang kepercayaan keluarga yang menemani dan membantu perawat, karena selain bisa membantu orang tersebut bisa memberikan kesaksian pada proses perawatan yang diberikan oleh perawat kepada pasien.

Komentar dinonaktifkan: Bisakah Perawat Home Care Diandalkan Sendirian ?

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Bisakah Perawat Home Care Diandalkan Sendirian ?

perawatan pasien alzheimer

Tips Perawatan Pasien Alzheimer – Mediza Homecare

T 23 Juni 2019 F A lufidzakir

Tips Perawatan Pasien Alzheimer Alzheimer adalah penyakit yang mengakibatkan penderitanya mengalami penurunan kemampuan berpikir dan daya ingat. Karenanya, penderita pengidap Alzheimer akan menjadi lebih cepat lupa, linglung bahkan sulit berkomunikasi. Meski tidak mudah, tetap saja penderita Alzheimer memerlukan perawatan, dan... Selengkapnya

home care visit

Apa Itu Home Care Visit ?

T 12 Juni 2019 F A lufidzakir

Pengertian Home Care Visit Layanan homecare visit tidak jauh berbeda dengan layanan homecare pada umumnya, namun yang membedakannya adalah spesifikasi tindakan dan rentang waktu yang lebih singkat. Jika layanan home care pada umumnya mengharusnya perawat bertugas selama 24 jam menemani... Selengkapnya

Peran Perawat Homecare Pada Pasien Stroke

Peran Perawat Homecare Pada Pasien Stroke

T 4 Juli 2019 F A lufidzakir

Ketika ada anggota keluarga Anda yang terkena stroke, Anda dapat memilih memberikan perawatan sendiri di rumah atau yang biasa dikenal dengan perawatan homecare. Perawatan homecare pasien stroke ini bisa Anda lakukan sendiri atau bisa juga dengan menggunakan jasa perawat homecare... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai layanan kami.