Beranda » blog » Tips Perawatan Pasien Alzheimer – Mediza Homecare

Tips Perawatan Pasien Alzheimer – Mediza Homecare

T Diposting oleh pada 23 Juni 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 146 kali

Tips Perawatan Pasien Alzheimer

perawatan pasien alzheimer

Alzheimer adalah penyakit yang mengakibatkan penderitanya mengalami penurunan kemampuan berpikir dan daya ingat. Karenanya, penderita pengidap Alzheimer akan menjadi lebih cepat lupa, linglung bahkan sulit berkomunikasi. Meski tidak mudah, tetap saja penderita Alzheimer memerlukan perawatan, dan untuk ini Anda dapat menggunakan jasa perawatan homecare pasien Alzheimer.

Bagaimana jika ingin merawat pasien dengan diagnosa Alzheimer tersebut sendiri? Ini juga tidak masalah, hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukannya. Ini mencakup apa saja yang harus dilakukan dan apa saja yang harus dihindari. Berikut keterangan lebih lengkapnya.

Point Penting dalam Memberikan Perawatan Pasien Diagnosa Alzheimer

Dalam merawat pasien diagnosa Alzheimer, Anda sebaiknya membatasi akses pasien untuk keluar rumah, terlebih jika mereka sering keluar rumah tanpa sepengetahuan.

Ada baiknya pula jika Anda memberinya tanda pengenal, sehingga misalkan mereka keluar dan tidak tahu jalan pulang, orang-orang yang mungkin ditemuinya bisa lebih mudah mengantarnya pulang. Adapun tanda pengenal ini beragam, misalnya gelang yang bertuliskan nama serta alamat pasien.

Kemudian, upayakan untuk membuat suasana rumah menjadi tenang dan menyenangkan Hal ini dikarenakan pasien Alzheimer cenderung merasa ketakutan saat berada di suasana yang ramai. Selain itu, bantulah pasien melakukan sebagian besar aktifitas di pagi hari hingga menjelang siang hari.

Dan jangan lupa, teruslah berkomunikasi dengan pasien, karena ini akan sangat membantu sekali agar pasien tidak merasa rendah diri. Selain itu, cara ini juga akan membantu menjaga hubungan Anda dengan pasien sekalipun mereka tidak bisa mengingat kenangan bersama Anda.

Baca Juga : Perawatan Pasien Demensia

Yang Harus Dihindari dalam Memberikan Perawatan Homecare pada Pasien Alzheimer

  • Mengajak Pasien Berdebat

Sebelumnya Anda disarankan untuk tidak memutuskan komunikasi dengan pasien. Tapi, Anda juga sebaiknya tidak mengajak pasien tersebut berdebat. Ingatlah bahwa berdebat dengan pasien Alzheimer tidak akan mendatangkan manfaat. Selain itu, perdebatan seperti ini juga cenderung membuat pasien marah.

Jadi, semisal Anda mempunyai pandangan yang berbeda dengan pasien, segera ubah topik pembicaraan. Carilah bahan pembicaraan yang menyenangkan untuk menarik antusiasme mereka sehingga mereka bisa melupakan perbedaan paham yang baru saja terjadi.

  • Bertanya Bertubi-Tubi

Jangan berdebat dan jangan pula bertanya bertubi-tubi. Jika niat Anda adalah untuk memancing ingatannya dengan menanyakan banyak hal, jangan lakukan itu sekaligus. Mengapa? Karena ini hanya akan membuatnya merasa cemas.

Jika memang dia kehilangan ingatannya, alih-alih memberikan pertanyaan yang banyak sekaligus, sebaiknya Anda menceritakan kenangan-kenangan yang pernah dilakukan bersama.  

  • Mengabaikan Informasi yang Disampaikan Pasien

Misalnya suatu hari pasien memberitahu Anda bahwa ada saudara yang menelepon dan ingin berkunjung. Mendengar berita seperti ini dari orang yang menderita Alzheimer, wajar bila Anda meragukan kebenarannya.

Tetapi, keraguan Anda ini jangan sampai membuat Anda menaruh prasangka buruk sehingga mengabaikan informasi dari mereka. Mengapa? Karena meskipun pasien Alzheimer identik dengan kata bingung dan linglung, ini tidak berarti bahwa mereka tidak bisa menyampaikan informasi yang jujur.

Jadi, ingatlah untuk tidak mengabaikan semua informasi yang mereka berikan. Jika memang perlu, Anda bisa mengecek kebenaran informasi tersebut dari orang yang bersangkutan.

  • Menceritakan Perilaku Pasien pada Orang Lain

Pasien Alzheimer bisa saja tidak punya malu sehingga dia bisa mengompol, buang air besar sembarangan atau bahkan telanjang. Sebaiknya Anda jangan pernah menceritakan hal-hal memalukan seperti ini pada orang lain supaya kehormatan mereka tetap terjaga.

Selain itu, jika Anda sampai bercerita pada orang lain, ada kemungkinan suatu saat pasien akan menarik dirinya sendiri dari pergaulan jika pikirannya sudah lebih jelas.

Memberikan perawatan pasien Alzheimer memang memerlukan kesabaran yang tinggi. Terlebih jika pasien mulai melakukan hal-hal yang menyebalkan. Tidak apa-apa, jangan menyerah. Tetap rawat mereka dengan penuh kasih sayang sembari berpikir positif bahwa usaha Anda akan memberikan hasil yang manis nanti. Semoga bermanfaat.

Komentar dinonaktifkan: Tips Perawatan Pasien Alzheimer – Mediza Homecare

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Tips Perawatan Pasien Alzheimer – Mediza Homecare

Peran Dari Seorang Perawat Infal Pada Saat Lebaran

Sebarapa Penting Peran Dari Seorang Perawat Infal Pada Saat Lebaran

T 27 Mei 2019 F A lufidzakir

Sebarapa Penting Peran Dari Seorang Perawat Infal Pada Saat Lebaran Saat sebagian besar masyarakat di Indonesia beragama islam merayakan lebaran bersama keluarga besarnya, dan di saat lebaran ada yang menarik tentang suatu pelayanan jasa perawat ke rumah. Layanan ini terus... Selengkapnya

Tugas Penting Perawat Home Care Saat di Rumah

7 Tugas Penting Perawat Home Care Saat di Rumah

T 14 Mei 2019 F A lufidzakir

Artikel ini merupakan lanjutan dari tugas dan kewajiban perawat home care secara umum. Keraguan untuk menggunakan perawat homecare memang terkadang dirasakan oleh sebagian orang, maka dari itu untuk anda yang saat ini masih ragu, mungkin bisa memulai untuk merubah fikiran... Selengkapnya

home care travel

Apa Itu Layanan Home Care Travel ? – Medizahomecare.com

T 10 Juni 2019 F A lufidzakir

Pengertian Layanan Home Care Travel Home Care Travel adalah suatu layanan jasa perawat homecare yang mana posisi perawatan dilakukan pada saat pasien ingin berpergian, baik karena keinginan pasien atau bisa juga dikarenakan pasien harus melakukan kontrol ( medical check –... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai layanan kami.