Beranda » blog » Tips Perawatan Pasien DBD Di Rumah

Tips Perawatan Pasien DBD Di Rumah

T Diposting oleh pada 7 Agustus 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 92 kali

Tips Perawatan Pasien DBD Di Rumah

Pada lingkungan yang kotor,  banyak terdapat sarang nyamuk. Salah satu penyebab DBD adalah terkena gigitan nyamuk. Melakukan perawatan pasien DBD harus dilakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Hal ini bisa anda lakukan agar penderita DBD tidak mengalami komplikasi dan mengurangi gejala yang ditimbulkan.

Kami selalu mengingatkan kepada klien kami, jika memang ada anggota kelluarga yang yang terkena DBD harus selalu mengecek kondisinya. Karena kondisi pasien DBD terkadang tidak bisa diprediksikan, mungkin saja saat kita lihat secara kasat mata kondisi pasien sedang membaik, namun secara analisa medis sebenarnya kondisi pasien sedang buruk sehingga menyebabkan pasien drop.

Baca Juga : Perawatan Pasien Jantung Koroner

Cara Merawat Pasien yang Terkena DBD

Demam berdarah umumnya ditandai dengan sakit kepala yang akut, hilangnya nafsu makan, sakit sendi, dan sebagainya. Jika tidak segera diberi perawatan maka dikawatirkan akan terjadi kematian. Adapun cara untuk merawat pasien DBD adalah sebagai berikut:

Usahakan Pasien Meminum Obat Pereda Demam dan Nyeri

Cara merawat pasien penderita DBD yang pertama adalah dengan memberikan obat peredam demam dan nyeri. Hal ini dikarenakan virus yang masuk ke dalam tubuh akan berkembang dengan cepat. Dengan minum obat, maka akan menghambat penyebaran penyakit ini. Sebelum minum obat hendaknya pasien makan dahulu agar tubuh tidak lemas dan bergetar.

Rasa sakit akan berkurang ketika pasien minum obat tersebut. Akan tetapi, dalam meminum obat hendaknya melihat dosis yang diperbolehkan.  Dikawatirkan jika kebanyakan dosis, pasien akan semakin parah penyakitnya. Berkonsultasilah dengan dokter dalam memilih obat yang tepat agar proses penyembuhan dapat benjalan lancar.

Berikan Banyak Cairan

Pada saat menderita DBD, maka tubuh pasien akan merasa lemas. Hal ini dikarenakan cairan dalam tubuh sudah berkurang. Oleh karena itu, solusi paling mudah ialah dengan mengkonsumsi air putih yang banyak. Air putih juga dapat menyegarkan tubuh. Maka tulang dan bersendian yang kaku akan menjadi lemas.

Selain air putih, minuman kaya akan serat juga diperlukan. Misalnya saja jus buah. Jus buah yang asli banyak mengandung serat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses menyembuhan DBD. Dengan mengkonsusmsi banyak cairan maka racun akan cepat keluar melalui urin. Semakin banyak minum, semakin banyak pula urin yang dikeluarkan oleh pasien.

Minuman penambah ion juga dapat meningktakan cakiran dalam tubuh pasien. Karena pada saat terkena penyakit DBD, maka tubuh akan kekurangan banyak sekali ion yang membuat tubuh pasien lemas dan tidak bergairah.

Melalukan Istirahat Total

Penderita DBD dianjurkan untuk tidak melakukan aktivitas apapun. Karena untuk proses penyembuhan yang maksimal. Pada saat melakukan perawatan kepada pasien DBD, penderita tidak boleh dalam keadaan capek. Istirahat total dapat dilakukan dengan tidur ataupun berbaring dirumah. Perawatan ini hanya bersifat tambahan. Maka, konsultasi dengan dokter juga sangat diperlukan.

Istirahat total bukan berarti tidur sehari semalam. Akan tetapi, pada saat terkena penyakit DBD hendaknya tidak melakukan aktivitas berat yang dapat membebani tubuh pasien.

  • Mengkonsumsi Makanan yang Mudah Dicerna

Makanan yang mudah dicerna  biasanya terdapat pada sayuran hijau yang masih segar. Salah satu sayur tersebut adalah sawi. Sawi merupakan makanan yang banyak mengandung serat yang baik untuk tubuh serta dapat diserap dengan mudah. Dengan banyak mengkonsumsi sayur maka proses penyembuhan pasien juga akan berlangsung lebih cepat.

Terdapat beberapa buah yang juga mudah dicerna oleh tubuh, seperti jambu biji. Jambu biji banyak mengandung vitamin C yang berguna untuk membentuk trombosit baru. Kebanyakan pasien DBD kekurangan trombosit. Oleh karena itu, untuk penderita dianjurkan banyak memakan jambu biji.

Jika dilakukan perawatan yang tepat, maka pasien yang menderita penyakit DBD akan cepat hilang. Sebelum melakukan perawatan kepada pasien, hendaknya berkonsultasi dahulu kepada yang sudah berpengalaman atau dokter yang penanggungjawab pasien. Hal ini dikarenakan agar tidak salah dalam penanganan.

Note : Mediza Homecare hanya memberikan tips dan tidak memberikan diagnosa, pengarahan medis ataupun pengobatan.

Komentar dinonaktifkan: Tips Perawatan Pasien DBD Di Rumah

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Tips Perawatan Pasien DBD Di Rumah

perawatan pasien diabetes basa

Tips Perawatan Pasien Diabetes Luka / Basah / Tipe 2

T 1 September 2019 F A lufidzakir

Tips Perawatan Pasien Diabetes Luka / Basah / Tipe 2 Apa Itu Diabetes Basah ? Di Indonesia seringkali pasien diabetes yang memiliki luka disebut dengan diabetes basah. Tidak bisa disalahkan memang jika masih dalam konteks yang benar. Sebenarnya apa itu... Selengkapnya

perawatan pasien cancer payudara

Tips Perawatan Pasien Cancer Payudara – Mediza Homecare

T 29 Juli 2019 F A lufidzakir

Penyakit berbahaya yang dapat mengakibatkan kematian diantaranya adalah cancer payudara. Tidak banyak orang yang tahu cara perawatan penyakit ini. Maka dari itu perawatan pasien cancer payudara sangatlah diperlukan. Perawatan dilakukan bukan hanya untuk mengurangi rasa sakit, akan tetapi juga dapat... Selengkapnya

tips memilih jasa perawatan bayi

√ Tips Memilih Jasa Perawatan Bayi Baru Lahir (New Born)

T 15 Juni 2019 F A lufidzakir

√ Tips Memilih Jasa Perawatan Bayi Baru Lahir (New Born) Banyak yang menilai bahwa merawat bayi baru lahir itu tidaklah mudah. Hal ini tidaklah mengherankan mengingat bayi masih merupakan sosok yang memerlukan perlakuan khusus agar kesehatannya terjaga. Makanya wajar saja... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai layanan kami.