Beranda » blog » Tips Perawatan Pasien Patah Tulang Belakang – Mediza Homecare

Tips Perawatan Pasien Patah Tulang Belakang – Mediza Homecare

T Diposting oleh pada 2 Agustus 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 178 kali

Patah tulang merapakan gangguan tulang yang tidak asing lagi didengar. Salah satunya adalah patah tulang belakang. Jenis patah tulang ini bisa berdampak lebih fatal jika dibandingkan dengan jenis patah tulang yang lain. Hal ini disebabkan karena bisa memicu trauma pada bagian saraf tulang belakang seseorang. Sehingga, perawatan pasien patah tulang belakang harus dilakukan dengan tepat.

Beberapa Langkah Perawatan Terbaik untuk Penderita Patah Tulang Belakang

Merawat pasien penderita patah tulang belakang bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, dibutuhkan skill khusus agar perawat memahami langkah perawatan yang benar. Dengan perawatan yang tepat, pasien patah tulang belakang akan bisa sembuh dengan cepat. Berikut adalah beberapa cara merawat pasien patah tulang belakang.

Melakukan Terapi Panas

Terapi panas sangatlah penting untuk penderita patah tulang belakang. Tujuan dari upaya terapi panas ini dalah agar tulang yang mengalami keretakan dapat utuh atau rekat kembali. Jika terapi panas dilakukan dengan rutin, maka patah tulang tersebut akan membaik dengan cepat. Selain itu, terapi panas ini juga akan dapat melancarkan aliran darah.

Salah satu cara melakukan terapi panas adalah dengan mengkompres bagian tulang yang patah dengan memakai handuk. Rendam terlebih dahulu handuk dengan menggunakan air panas. Lakukan kompres selama 30 menit. Ulangi sampai tiga kali dalam satu ini.

Kompres dengan Es Batu

Selain melakukan terapi panas, pasien patah tulang belakang juga perlu dikompres dengan es batu. Ini dilakukan untuk jenis patah tulang yang disertai peradangan. Tujuan dari penggunaan es batu di sini adalah agar rasa panas yang ditimbulkan oleh patah tersebut dapat diredam.

Perawatan pada penderita patah tulang belakang dengan es batu ini dapat dilakukan dengan mengompres bagian tulang belakang dengan es yang dibungkus kain. Lakukan sekitar 10 menit.

Menyingkirkan Area Sekitar Pasien dari Hambatan yang Menghalangi

Berikutnya, perawat harus memastikan area sekitar pasien bebas dari beban dan hambatan yang mengganggu. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar ketika pasien berjalan tidak kesulitan. Terlebih jika hambatan tersebut membuat pasien terjatuh, maka patah tulangnya akan semakin parah.

Jika Pasien Menggunakan Gips, Jaga Kondisi Gips Agar Tetap Kering

Perawatan berikutnya untuk pasien penderita patah tulang belakang adalah dengan menjaga kondisi gips agar tetap kering. Jauhkan gips dari risiko terkena air dan sebagainya. Karena jika terkena air, maka proses penyembuhan patah tulang akan semakin lama.

Pastikan Pasien Menghindari Rokok dan Alkohol

Hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah menghindarkan pasien dan rokok dan alkohol. Hal ini sangat penting untuk mempercepat proses penyembuhan. Alasannya adalah merokok menyebabkan kepadatan tulang seseorang menjadi berkurang. Sedangkan untuk memulihkan kondisi patah tulang menjadi semula, kondisi tulang harus dijaga.

Selain itu, di dalam rokok terdapat kandungan kimia di dalam rokok bisa menyebabkan aliran darah tulang terganggu.

Usahakan Pasien Mengkonsumsi Vitamin yang Cukup

Asupan vitamin pasien patah tulang belakang juga harus cukup. Di antara vitamin yang dibutuhkan adalah vitamin D, vitamin K dan vitamin C. Pilih jenis makanan yang memiliki kandungan-kandungan vitamin tersebut. Karena vitamin tersebut sangat penting untuk kesehatan dan kepadatan tulang.

Perawatan kepada penderita patah tulang belakang membutuhkan perhatian khusus. Karena ini terbilang jenis patah tulang yang membahayakan. Sehingga, pastikan pasien mendapatkan perhatian yang tepat agar proses penyembuhan menjadi cepat.

Mediza Homecare tidak memberikan saran medis, diagnosis ataupun pengobatan. Konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan hasil dan diagnosa yang tepat.

Komentar dinonaktifkan: Tips Perawatan Pasien Patah Tulang Belakang – Mediza Homecare

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Tips Perawatan Pasien Patah Tulang Belakang – Mediza Homecare

peran dokter home care

Peran dan Pengaruh Adanya Dokter Home Care

T 20 Oktober 2019 F A lufidzakir

Seorang dokter home care harus memiliki tingkat standar yang harus diterapkan dalam melakukan perawatan medis di rumah pasien yang ditangani. Jasa layanan kesehatan atau home care untuk individu atau keluaga, tentunya harus memiliki dokter dan tenaga perawat yang berpengalaman yang... Selengkapnya

tipe pasien yang membutuhkan perawatan homecare

√ Tipe Pasien yang Membutuhkan Perawatan Homecare

T 16 Juli 2019 F A lufidzakir

Tipe Pasien yang Membutuhkan Perawatan Homecare Semua orang yang sesehat apapun, pasti akan sakit juga. Oleh sebab itu anda seharusnya untuk terus menjaga kesehatan. Namun, dalam menjalani pengobatan banyak orang yang harus di rawat di Rumah Sakit. Akan tetapi jika... Selengkapnya

manfaat home care bagi perawat

Manfaat Home Care Bagi Perawat – Mediza Homecare

T 31 Mei 2019 F A lufidzakir

Manfaat Home Care Bagi Perawat – Mediza Homecare Layanan perawatan pasien yang dilakukan di rumah ini kerap kali menjadi perbincangan dikalangan perawat itu sendiri. Banyak berpendapat bahwa memberikan layanan perawatan home care di rumah pasien memiliki berbagi macam kendala, diantaranya... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai layanan kami.